John Fawcett Foundation Gelar Pemeriksaan Mata Gratis di Desa Baru

MARGA – John Fawcett Foundation (Yayasan Kemanusiaan Indonesia/YKI) menggelar pemeriksaan mata gratis di Balai Banjar Pinge, Desa Baru, Kecamatan Marga, Tabanan, Selasa (6/2). YKI juga langsung melaksanakan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis kepada warga di Desa Baru. Kegiatan ini dihadiri anggota DPD RI AA Ngurah Oka Ratmadi (Cok Rat) bersama istri, anggota DPRD Tabanan I Nyoman ‘Komet’ Arnawa, Camat Marga I Gusti Agung Alit Adiatmika, Perbekel Desa Baru I Made Suarjana, dan Bendesa Adat Pinge I Made Denayasa. Camat Marga I Gusti Agung Alit Adiatmika bahkan ikut mendaftar untuk menjalani pemeriksaan.

Acara bakti sosial yang dilaksanakan John Fawccet Foundation bekerjasama dengan Pemkab Tabanan, Yayasan Ekalawya, Pemerintah Desa Baru, dan anggota DPD RI perwakilan Bali. Setelah selesai pemeriksaan mata, petugas kemudian menentukan langkah lanjutan berupa pemberian kacamata gratis, pemeriksaan pra operasi, dan yang sudah siap sesuai kondisi pasien langsung mendapat tindakan operasi katarak dari petugas. Nampak di lapangan tim medis dari John Fawcett Foundation dengan sigap memberikan pelayanan pemeriksaan mata dan tindakan operasi katarak yang didukung fasilitas lengkap. Hingga Pukul 12.15 Wita seluruh proses pemeriksaan dan operasi mata sudah selesai. Bakti sosial juga dibarengi dengan pemberian sembako kepada warga kurang mampu dari Yayasan Ekalawya.

Perbekel Desa Baru, I Made Suarjana, mengatakan pemeriksaan mata diikuti 200 pasien yang berasal dari desa Baru dan sekitarnya. Sebanyak 7 orang di antaranya langsung mendapat tindakan operasi katarak. Sementara anggota DPD RI Cok Oka Ratmadi dan rombongan sebelum bertolak ke Denpasar menyempatkan melihat sejumlah akomodasi wisata yang ada di Banjar Pinge untuk mendengar masukan dan informasi tentang perkembangan desa wisata didampingi Perbekel Desa Baru, Bendesa adat Pinge, dan masyarakat setempat. nur

Komentar