Tiga Tokoh Perempuan Ikut Pilkel Serentak

Kadis PMD Tabanan, Roemi Liestyowati

TABANAN – Pemilihan perbekel (pilkel) serentak di 98 desa se-Kabupaten Tabanan diikuti oleh 291 calon perbekel. Dari ratusan calon perbekel itu, tercatat tiga Srikandi atau tokoh perempuan yang ikut memperebutkan sebagai kepala desa.  Ketiga calon perbekel Srikandi itu adalah Ni Wayan Mulyawati dan Ni Ketut Sumarniasih, dan Ni Wayan Sekarini ikut tarung di Desa Wangaya Gede Kecamatan Penebel.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tabanan Roemi Liestyowati didampingi Kabid Pemerintahan Desa Wayan Carma mengatakan, seluruh desa peserta pilkel serentak sudah menetapkan calon. Rata-rata jumlah calon yang tarung di masing-masing desa sebanyak 3 orang. “Ada juga calonnya berjumlah 5, 4, dan 2 orang. Namun rata-rata 3 calon,” ungkap Roemi, Senin (30/9). Dari jumlah tersebut ada 3 Srikandi yang ikut berebut tiket perbekel. Ini pertanda bagus karena para Srikandi mewakili keterwakilan perempuan. “Tidak hanya kaum laki-laki saja yang bisa memimpin roda pemerintahan, perempuan juga bisa,” tegas Roemi.

Setelah proses penetapan calon selesai, dilanjutkan dengan jadwal kampanye. Jadwal kampanye ditentukan oleh masing-masing panitia pilkel. Dinas PMD hanya memberikan jadwal garis besar, yang intinya H-3 pencoblosan, kampanye harus sudah berakhir. “Kampanye juga sesuai dengan banyaknya banjar di dalam satu desa. Panitia yang mengajak calonnya ke masing-masing banjar untuk menyampaikan visi dan misinya,” tandas Roemi. Pilkel serentak digelar pada Sabtu (26/10) mendatang. mas

Komentar