Ribuan Umat Tangkil ke Pura Luhur Pakendungan

Pamedek memadati Pura Luhur Pakendungan.

KEDIRI – Ribuan umat Hindu memadati Pura Luhur Pakendungan, areal DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan saat pujawali pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (3/8/2019). Uniknya, tradisi Ngerebeg Keris Ki Baru Gajah dari Puri Kediri menuju Pura Luhur Pakendungan diiringi atraksi Okokan, kesenian khas Desa Adat Kediri. Keris Ki Baru Gajah atau Keris Bendesa Sakti diarak dengan jalan kaki dari Puri Kediri ke Pura Luhur Pakendungan dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer.

Setelah proses ngerebeg Keris Ki Baru Gajah, barulah ngaturang piodalan, sekitar pukul 14.00 Wita. Ngelebardilaksanakan pada pukul 20.00 Wita sampai pukul 23.00 Wita. Desa Adat Beraban mendapat giliran nanggap pujawali. Pamedek ataupenangkilan sudah mulai berdatangan untuk melakukan persembahyangan pada pukul 05.00 Wita. Keramaian mulai terlihat pada pukul 10.00 Wita, puncaknya terjadi pada pukul 14.00 Wita sampai malam hari.Ada yang beda saat pujawali, pamedek diimbau menyiapkan tempat tirta sendiri dari rumah masing-masing untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Bersamaan dengan piodalan di Pura Luhur Pakendungan, hari itu juga merupakan piodalan di Pura Batu Mejan yang lokasinya di areal Enjung Galuh yang berdekatan dengan Pura Batu Bolong dan juga piodalan di Pura Patok yang lokasinya berdekatan dengan Pura Luhur Pakendungan. mas

Komentar