Polsek Baturiti Bekuk Komplotan Turis Berilmu Hipnotis

Tiga turis asing yang dibekuk anggota Polsek Baturiti. Foto istimewa

BATURITI – Anggota Polsek Baturiti, Tabanan, Bali berhasil menangkap komplotan turis yang diduga beraksi dengan ilmu hipnotis di toko UD Sari Nadi, Banjar Baturiti Kaja, Desa/Kecamatan Baturiti, Minggu (28/7/2019) petang. Selang beberapa jam, komplotan turis dari Iran dan Pakistan ini dibekuk di kawasan Kuta, Badung. Tiga turis penghipnotis ini terlacak berkat rekaman CCTV dan mobil yang disewa pelaku.

Informasi di lapangan, Reza Ghanaati Pour, 26, Seyed Ali Mirsshahreza, 49, keduanya dari Iran, dan Reza Hussain, 25, asal Pakistan beraksi sekitar pukul 15.30 Wita. Saat itu duo Iran yakni Reza Ghanaati Pour dan Seyed Ali Mirsshahreza berkunjung ke toko UD Sari Nadi di Banjar Baturiti Kaja. Saat itu toko dijaga oleh Ni Made Putri Artyani, 25. Modus operandinya, duo turis Iran pura-pura beli bawang merah. Hanya saja permintaan turis itu tidak dipenuhi karena bawang merah telah laku. Selanjutnya dua pelaku ini minta 1 kg bawang putih. Korban pun penuhi permintaan pelaku dan menerima bayaran Rp 120.000. Korban kemudian mengembalikan uang pelaku Rp 70.000.

Saat menerima uang kembalian, pelaku Rea Ghanaati Pour mengipaskan uang ke mata korban. Imbasnya, korban tak ingat apa-apa lagi. Korban baru sadar ketika ada yang menepuk pundaknya. Saat korban di bawah pengaruh ilmu hipnotis, pelaku Seyed Ali Mirsshahreza mengambil uang korban di dalam laci. Korban kehilangan uang Rp 8.365.000. Selanjutnya, kasus itu dilaporkan ke Polsek Baturiti. Keluarga korban juga posting rekaman CCTV ke media sosial instagram. Kapolsek Baturiti Kompol I Nengah Sidiarta atensi laporan tersebut dengan melakukan penyelidikan. Kanit Reskrim Iptu I Wayan Putra Yadnya langsung memimpin olah TKP.

Dari hasil olah TKP, saksi melihat mobil Avana dengan nomor polisi L 1726 QM. Berdasarkan penelusuran, polisi berhasil mengetahui pemilik kendaraan itu. Setelah mengetahui posisi kendaraan, Unit Reskrim Polsek Baturiti bekerjasama dengan Unit Reskrim Polsek Kuta melacak keberadaan mobil itu. Akhirnya mobil ditemukan dan para pelaku dibekuk. Saat beraksi, mobil itu dikemudikan oleh Reza Hussain. Ketiga pelaku akhirnya digelandang ke Mapolres Tabanan. mas

Komentar