Ratusan Layang-layang Hiasi Langit Desa Kukuh

Pelayang naikkan layangan be-bean. Foto kiriman Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto

MARGA – Gabungan sekaa teruna di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan menggelar Granat Kite Festivel 4 di Subak Jaka, Banjar Denuma, Minggu (30/6). Festival layang-layang ini dibuka Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya. Undangan lainnya, Ketua Komisi I DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi, Camat Marga Drs. I Gusti Agung Alit Adiatmika, dan Perbekel Kukuh Made Sugianto bersama-sama menaikkan layang-layang sebagai tanda pembukaan. Ratusan layang-layang menghiasi langit Desa Kukuh.

Ketua Panitia Granat Kite Festival 4, I Made Denik Suryana mengatakan, lomba layang-layang diikuti oleh 740 peserta dari Tabanan, Badung, dan Denpasar. Jenis layang-layang yang dilombakan yakni bebean, pecukan, janggan buntut, dan janggan. Bahan layangan kain dan plastik. Peserta harus merakit layangan di lokasi lomba. “Kami mengisi liburan sekolah dengan menggelar lomba layang-layang. Selain menyalurkan hobi juga untuk mengurangi anak-anak sekolah bermain HP,” ungkap Denik Suryana.

Wakil Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya mengapresiasi lomba layang-layang yang digelar oleh Granat – kumpulan anggota sekaa teruna Banjar Denuma dan Banjar Tegal yang gemar layangan. Menurut Wabup Sanjaya, bermain layangan adalah bermain kebersamaan. Sebab ada gotong royong untuk menaikkan agar ngindang di langit gadang (mengudara di langit biru). Dengan bermain layang-layang, memancing generasi muda untuk datang ke sawah. Sebagai bentuk dukungan, Wabup Sanjaya menyerahkan punia sebesar Rp 5 juta.

Ketua Komisi I DPRD Tabanan, Putu Eka Putra Nurcahyadi, mengaku selalu mendukung kegiatan anak muda. Eka Putra juga menaikkan layangan janggan bertuliskan ‘Eka Media Centre’. Diharapkan, musim liburan sekolah ini lebih berkesan dengan adanya lomba layang-layang. Setelah Granat Kite Festival 4, politisi muda ini juga memfasilitasi sekaa teruna menyalurkan hobi main futsal pada Oktober nanti. “Sebagai anak muda, saya mencoba untuk terus mendampingi para yowana berkreatifitas,” tandasnya. mas     

Komentar