Desa Siapkan Anggaran Pilkel Rp 40 Juta hingga Rp 60 Juta

Penghitungan suara pilkel. Foto milik I Made Argawa, sumber internet.

MARGA – Anggaran pemilihan perbekel (Pilkel) di setiap desa se-Kabupaten Tabanan bervariasi. Mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 60 juta. Dana pilkel sudah dirancang dan disahkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019. Sementara anggaran Pilkel serentak untuk 98 desa dari Pemkab Tabanan sebesar Rp 200 juta.

Penjabat Perbekel Desa Payangan, Kecamatan Marga, Wayan Atmaja mengatakan, anggaran Pilkel Desa Payangan pada APBDes dirancang sebesar Rp 61 juta. Dana sebesar itu diambil dari pos anggaran dana desa (ADD) Rp 41 juta dan BKK Rp 20 juta. “Anggaran Pilkel untuk Desa Payangan total Rp 61 juta,” ungkap Wayan Atmaja, Senin (3/6/2019). Sementara Desa Tua Kecamatan Marga menganggarkan dana Pilkel sebesar Rp 42 juta.

Informasi dari penjabat perbekel di Kecamatan Marga, Desa Marga pasang anggaran Pilkel pada APBDes 2019 sebesar Rp 50 juta. Bersumber dari ADD Rp 20 juta dan BKK Rp 30 juta. Sedangkan Desa Beringkit, Kecamatan Marga pasang anggaran Rp 48 juta. Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga pasang anggaran Rp 47 juta. Pilkel serentak di Kecamatan Marga akan diikuti oleh 12 dari 16 desa. Ke-12 desa itu yakni Tegaljadi, Beringkit, Peken, Batannyuh, Cau Belayu, Kuwum, Marga, Payangan, Selanbawak, Tua, Geluntung, dan Petiga.

Dari 12 desa itu, 10 perbekel sudah purna tugas, Pemkab Tabanan telah menunjuk penjabat (Pj) perbekel. Kesepuluh perbekel itu dijabat oleh Pj pada bulan Februari dan April. Dua desa lainnya masih perbekel difinitif yakni Geluntung dan Petiga. Perbekel Geluntung dan Perbekel Petiga akan purna tugas pada bulan September mendatang. Informasi di lapangan, rata-rata para perbekel yang telah purnatugas ini akan kembali tarung untuk periode kedua, kecuali Tua mencoba periode ketiga.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 98 desa dari 133 desa se-Kabupaten Tabanan akan menggelar pemilihan perbekel (Pilkel) serentak. Pilkel serentak rencananya dilaksanakan pada pekan kedua bulan November 2019. Pemkab Tabanan anggarkan dana Rp 200 juta untuk pilkel serentak. Pilkel digelar hampir merata di tiap kecamatan. Pilkel Kecamatan Tabanan digelar di 12 desa, Kecamatan Selemadeg Timur 8 desa, Kecamatan Selemadeg 6 desa, Kecamatan Selemadeg Barat 7 desa, Kecamatan Pupuan 6 desa, Kecamatan Kediri 13 desa, Kecamatan Baturiti 9 desa, Kecamatan Penebel 11 desa, Kecamatan Marga 12 desa, dan Kecamatan Kerambitan 14 desa. Syarat minimal dua calon dan maksimal 5 calon perbekel. mas   

Komentar