Nyonya Suastini Koster Tengok Kerajinan Kerang di Desa Kukuh

Nyonya Suastini Koster tengok kerajinan kerang di Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Marga, Tabanan, Rabu (29/5).

MARGA – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, berkunjung ke Kelompok Pengolah dan Pemasaran (Poklasar) Bali Kerang di Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu (29/5/2019). Turut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali dan Kabupaten Tabanan. Rombongan disambut Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto dan Ketua Poklasar Bali Kerang I Made Wintara serta Kelian Dinas Lodalang I Ketut Sukayadnya.

Dalam kunjungannya, Ny Putri Suastini Koster melihat dari dekat para pengrajin mengolah kerang untuk ditempelkan pada tempat upakara Hindu seperti dulang, sokasi, dan keben. Tak hanya memberi motivasi kepada pengrajin, Ny Putri Suastini Koster juga menyerap aspirasi dari para pengrajin. Terungkap, Poklasar Bali Kerang masih kendala di bidang transportasi atau alat angkut untuk memenuhi pesanan pelanggan. Kadis Perindag Bali, Putu Astawa, menyarankan kepada ketua Poklasar Bali Kerang untuk sharing market. Artinya bekerjasama dengan pihak lain untuk pengirimannya.

Wintara mengatakan, sudah menggeluti usaha kerajinan kerang sejak tahun 2004. Ia mengawali buat dulang dengan tempelan kaca. Selanjutnya berinovasi dengan tempelan kerang. Wintara mengakui mendapatkan bahan baku dari Jawa Timur, sebab kerang di Bali dilindungi. Pemasarannya sudah menjangkau seluruh Bali. Setiap hari keliling ke pasar-pasar untuk cari pelanggan. “Di setiap pasar saya cari tiga pelanggan untuk menjaga harga. Sekali jalan hanya bisa mengjangkau beberapa tempat karena kendala armada,” ungkap mantan bendahara Banjar Adat Lodalang ini.

Perbekel Kukuh, Made Sugianto ucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali beserta rombongan ke Banjar Lodalang. Ia mensyukuri dari 4 tempat di Tabanan yang dikunjungi, Desa Kukuh salah satunya menarik perhatian istri Gubernur Bali Wayan Koster tersebut. “Kunjungan ini menandakan pemerintah hadir untuk mendorong pengrajin makin menekuni usahanya dan membantu carikan pasar,” ungkap Sugianto. Diharapkan Pemprov Bali terus membina Desa Kukuh agar masyarakatnya bisa meningkatkan perekonomian. mas

Komentar