Anggota Dewan Harapkan BUMDA Bantu Petani

humas pemkab tabanan

SANGGULAN – Anggota DPRD Tabanan, I Gusti Nyoman Omardani, berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMDA) Dharma Santika tampil sebagai pahlawan untuk menyemangati petani manggis dan durian. Caranya BUMDA mau memasarkan hasil panen petani. Sebab setiap panen, petani di Kecamatan Pupuan, Selemadeg, dan lainnya mengeluhkan anjloknya harga buah manggis dan durian.

Menurut Omardani, saat ini harga buah manggis Rp 5.000 – Rp 6.000/kg. Sedangkan buah durian hanya Rp 5.000/buah. Karena tidak laku di Tabanan, petani jual durian ke Jawa. Turunnya harga buah manggis dan durian sejak pertengahan November 2018. Awalnya buah durian ukuran standar mencapai Rp 20.000 – Rp 25.000 per buah. Sedangkan buah manggis mencapai Rp 15.000. “Sekarang harganya turun drastis  karena panen melimpah,” ungkap Omardani, Selasa (4/12).

Turunnya harga manggis dan durian menyebabkan petani mengeluh. Bahkan karena buah melimpah, khususnya durian dijual ke Blambangan dan Jember, Jawa Timur. Durian Pupuan dikenal enak. “Apalagi durian kuning dan durian susu, dicari oleh masyarakat,” ungkapnya. Diakui, harga anjlok karena hasil panen melimpah ini terjadi setiap tahun. Namun pemerintah tidak mengambil solusi, khususnya dalam pengolahan bahan baku. Bisa saja petani diajak membuat produk yang nantinya dapat dibantu dipasarkan oleh BUMdA. “Kalau BUMDA belum mau ambil yang bahan bakunya, kecuali sudah dikemas oleh produk,” tegas anggota Komisi I DPRD Tabanan ini.

Politisi asal Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan ini mengharapkan adanya solusi dari pemerintah ataupun BUMDA dalam pengolahan bahan baku ataupun melatih SDM saat manggis ataupun durian melimpah. Diakui sudah ada ekspor manggis ke luar negeri hanya saja seleksi produk kelas 1, 2, dan 3 sangat ketat. “Harus segera ada solusi karena setiap tahun terjadi, supaya harga tidak selalu anjlok ketika musimnya,” pinta Omardani. Sayang Kepala Dinas  Perindustrian dan Perdagangan Tabanan, I Gusti Nyoman Wardana, saat dikonfirmasi tentang solusi harga manggis dan durian belum bisa tersambung. sug

 

Keterangan foto:

Gusti Nyoman Omardani (kiri) dampingi Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam suatu acara di Kecamatan Pupuan.

Komentar