Dinas Sosial Sosialisasikan KLA di Desa Kukuh

MARGA – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tabanan menggelar sosialiasi Kabupaten Layak Anak (KLA) di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu (5/12). Tim sosialisasi dipimpin Kepala Bidang Perlindungan Anak, drh. Ni Nyoman Ayu Ratningsih. Rombongan diterima Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto. Peserta sosialisasi yakni para Kelian Banjar Dinas dan pengurus PKK Desa Kukuh.  

Ayu Ratningsih mengatakan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti telah menerbitkan instruksi tentang pelaksanaan desa layak anak. Bupati menginstruksikan camat dan perbekel se-Kabupaten Tabanan membentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak. Gugus Tugas Desa Layak Anak ini punya tugas menyusun rencana aksi desa layak anak sesuai dengan Rencana Strategis Desa. Melaksanakan rencana aksi desa layak anak dan mengevaluasi pelaksanaan rencana aksi desa layak anak. “Camat dan perbekel juga diinstruksikan melaksanakan Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM),” jelas Ayu Ratningsih.

Bupati juga menginstruksikan membentuk Forum Anak Desa serta melaksanakan program pemenuhan hak dan perlindungan anak di desa. Dijelaskan, perlindungan ini terdiri dari 5 klaster. Adapun kelima klaster itu yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaat waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus. “Perbekel harus buatkan surat keputusan (SK) tentang Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat,” ungkapnya. Ayu Ratningsih mengingatkan para orangtua untuk perhatikan anak.

Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto, mengapresiasi sosialisasi dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tabanan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak, Sugianto mengaku punya program untuk anak. Pertama membuat gedung PAUD agar sejak dini anak-anak mendapatkan pendidikan karakter. Gedung PAUD sudah terwujud di tahun 2018 dan sudah difungsikan. Berikutnya membangun dua lokal gedung TK. Saat ini, Yayasan Kartini Kukuh yang menaungi PAUD/TK masih pinjam gedung di SDN 1 Kukuh dan SDN 4 Kukuh. “Di tahun 2019 sekolah PAUD dan TK kami lengkapi dengan ruang terbuka hijau untuk tempat bermain anak-anak. Di tahun 2020 kami lengkapi dengan taman bermain,” ungkap Sugianto. sug

Komentar