FE Unmas Jaga Lingkungan Bersih, Transfer Ilmu, hingga Buat Kamar Mandi

MARGA – Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menggelar pengabdian masyarakat terpadu dosen dan mahasiswa di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Sabtu (1/9). Rombongan mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar diterima di wantilan Daya Tarik Wisata (DTW) Alas Kedaton oleh Camat Marga I Gusti Agung Alit Adiatmika dan muspika Marga, Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto, dan Ketua Badan Pengelola DTW Alas Kedaton Wayan Semadi. Mereka menjadi 'pahlawan' lingkungan dengan kegiatan bersihkan sampah plastik di DTW Alas Kedaton, transfer ilmu bagi pengelola LPD, BUMDes, dan koperasi, serta membangun kamar mandi untuk warga kurang mampu.

Dekan Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar, Dr Putu Kepramarini SE, MM, didampingi Wakil Dekan I, I Gede Cahyadi Putra, SE., M.Si., Ak., CA dan Wakil Dekan II, Dr. A.A. Dwiwidnyani, SE., MM mengatakan, pengabdian masyarakat berbasis Tri Hita Karana ini dalam upaya mewujudkan desa mandiri. Ada tiga kegiatan yang digelar di Desa Kukuh. Pertama aksi kebersihan memungut sampah plastik di DTW Alas Kedaton, penyuluhan penguatan lembaga milik desa. dan membantu keluarga kurang mampu dengan pengadaan kamar mandi dan jamban sehat. Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Dalem Kahyangan Kedaton.

Camat Marga, I Gusti Agung Alit Adiatmika, menyambut baik kedatangan dosen dan mahasiswa FE Unmas Denpasar yang turut membangun di Desa Kukuh. Dikatakan, Desa Kukuh sedang berupaya membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satunya membangun jalan usaha tani dengan bantuan dana pusat. “Desa Kukuh menjadi salah satu desa di Kabupaten Tabanan yang dikunjungi Bapak Presiden Joko Widodo. Kami tengah membangun di desa dan kami berterima kasih atas kontribusi dari Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar,” ungkap I Gusti Agung Alit Adiatmika. Ditambahkan, khusus Kecamatan Marga punya program serentak bersihkan sampah plastik dan gerakan serentak basmi jentik nyamuk.

Sementara Perbekel Desa Kukuh menyampaikan terima kasih atas program pengabdian masyarakat terpadu dosen dan mahasiswa FE Unmas Denpasar. Menurut Sugianto, program ini sangat bermanfaat bagi warga. Dengan adanya aksi kebersihan sampah plastik di DTW Alas Kedaton sekaligus membangu pengelola untuk mengurangi sampah plastik di objek wisata. Sebab sampah plastik menjadi musuh wisatawan. Kedatangan ratusan mahasiswa dan dosen FE Unmas Denpasar juga membantu Badan Pengelola DTW Alas Kedaton di bidang promosi.

Dikatakan, warga Desa Kukuh yang bergerak di bidang ekonomi juga terbantu dengan transfer ilmu dari para dosen FE Unmas Denpasar melalui penyuluhan penguatan lembaga milik desa. Dalam penyuluhan ini, Perbekel Desa Kukuh mengundang pengurus LPD Desa Pakraman Kukuh, pengelola BUMDes Kukuh Winangun, dan para pimpinan koperasi se-Desa Kukuh. “Transfer ilmu ini sangat kami harapkan untuk melahirkan pengurus LPD, pengurus koperasi, dan pengurus BUMDes lebih profesional,” tandas Sugianto.

Sugianto juga berterima kasih karena melalui program pengabdian masyarakat terpadu dari FE Unmas Denpasar turut membantu program kesehatan masyarakat. Dana Rp 10 juta yang dikucurkan FE Unmas Denpasar dimanfaatkan untuk membangun kamar mandi bagi keluarga kurang mampu. Ada tiga unit kamar mandi yang dibangun untuk dua keluarga kurang mampu di Banjar Dalem Kerti dan satu unit kamar mandi di Banjar Munggal. “Sebelumnya kami di desa punya program jamban sehat. Sekarang jadi komplit, desa bantu pembuatan jamban dan Fakultas Ekonomi Unmas Denpasar bantu kamar mandi,” ungkap Sugianto sumringah. sug    

Komentar