Kadisdik Temukan Buku Masih Tersegel di Perpustakaan Sekolah

Art

TABANAN – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tabanan, I Gede Susila melakukan penelitian lapangan untuk mengetahui tata kelola perpustakaan di sejumlah sekolah SD dan SMP. Fakta di lapangan, banyak buku masih tersimpan rapi dan tersegel sehingga ilmu pada buku itu tak dibaca oleh para siswa. Parahnya lagi, buku-buku itu belum tercatat oleh pihak sekolah.

Susila menyebutkan, sarana dan prasarana pada perpustakaan sekolah juga kurang memadai. Seperti adanya beberapa gedung yang tidak layak. “Kebersihan perpustakaan juga kurang,” ungkap Susila saat membuka Bimtek Pengelola Perpustakaan SD dan SMP di Gedung PGRI Tabanan, Banjar Jambe Baleran, Desa Dajan Peken, Kcamatan/Kabupaten Tabanan, Selasa (5/12). Mantan Sekretaris DPRD Tabanan ini mengapresiasi Bimtek yang digelar Klinik Pendidikan dan Dewan Pendidikan Tabanan ini untuk meningkatkan tata kelola perpustakaan sekolah.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan Tabanan, Drs. I Wayan Madra Suartana, M.Si., mengatakan, bersama Klinik Pendidikan Tabanan dalam dua tahun terakhir ini melakukan penelitian lapangan terkait tata kelola perpustakaan pada sekolah jenjang SD dan SMP. Hasilnya, ada beberapa perpustakaan dalam kondisi ‘sakit’ atau tidak terkelola dengan baik. Bahkan banyak SD dan SMP di Tabanan tidak memiliki tenaga perpustakaan sehingga dalam tata kelolanya dilakukan oleh tenaga pendidik atau guru. Dikatakan, bimtek terbagi menjadi dua sesi. Sehari pembekalan, dan sehari praktek di Perpustakaan Kabupaten Tabanan. art

Komentar